Rabu, 30 November 2011

Cek seperti apakah KULIAH menurut Anda ->

Lelah
Penat
Bosan
Enyah
Ke laut aja..... :(

Mungkin itulah gambaran versi 'Galau to the Max' nya saya selama minggu ini. Setumpuk tugas dan sepaket final project yang melayang-melayang dalam pikiran (hoax) sepertinya cukup membuat saya kelimpungan. Maklum, menjabat status sebagai mahasiswa baru pastinya bakal merasakan atmosfir yang berbeda dibandingkan atmosfir ala anak SMA yang rumahan. 

Sebenarnya apa sih esensi kuliah itu?
Apakah ini gambaran yang Anda miliki tentang definisi 'kuliah' sesuai dengan kehidupan nyata yang Anda jalani??

a. Kuliah = paksaan orang tua
Parah-parah! Kuliah didasari pemaksaan oleh orang tua. Ya orang tua mana sih yang nggak mau anaknya belajar di bangku kuliah? Nggak ada dong ya? Tapi yang jadi buah simalakama nya jika sang anak merasa dipaksa oleh orang tuanya buat kuliah. Emang sih nggak selamanya kuliah itu menjanjikan kesuksesan, banyak kok orang-orang hebat yang bisa 'strike' tanpa pendidikan yang tinggi. Mungkin itu adalah pemikiran modern anak jaman sekarang yang lebih memilih keluar dari 'zona aman' nya, yaitu kuliah dengan mencoba hal-hal baru yang lebih memberi banyak pengalaman serta pelajaran, bisnis mungkin? Nah padahal orang tua pingin banget anaknya bisa jadi sarjana, masuk ke PT yang favorit, jadi inceran banyak mertua (haha). Jadinya gini deh, kuliah dengan pemaksaan akan berdampak pada banyak hal : nggak ikhlas buat ngejalaninnya, belajar dengan seenaknya, menganggap remeh, cuma buang-buang duit aja, dan ujung-ujungnya bakal ngecewain orang tua juga.

b. Kuliah = cuma cari status
Hell ya, kalo kuliah cuma jadi ajang cari status biar terlihat keren waktu pake jas almamater. "Nih liatin, gue anak ITS mamen!!" Merasa gagah ya mas? jadi cakep gitu? Haha.. Status menjadi mahasiswa banyak manfaatnya. Terlihat pintar dan intelek, sangat disegani dengan orang-orang, fasilitas yang pasti 'lebih' dari orang tua, dan satu lagi. Jadi inceran banyak mertua hahahaha... Eitseh ini lagi ujung-ujungnya :o

c. Kuliah = nguli-ah
Nguli-ah? So sweet banget. Ini adalah cerminan bagi sedikit mahasiswa yang current-oriented banget. Entah itu study oriented, organization oriented, money oriented pun juga bisa. Bahkan exist oriented merebak belakangan ini hehe. Mereka berangkat pagi-pagi dan pulang malam cuma buat nguli di kampus, belajar, rapat, hang out, hedon, dll. Intinya mereka sangat terobsesi banget pada sesuatu hal. Jadinya mereka kaya kuli deh. Haha nggak nyambung! Gubrakkk...

d. Kuliah = suka-suka
Lagi-lagi faktor suka-suka juga jadi senjata ampuh bagi sebagian mahasiswa untuk lari dari kenyataan : tugas, paper, presentasi, FINAL PROJECT (uh what the...). Mereka suka-suka aja gitu datang dan pergi ke kampus, dengan atau tanpa arti yang jelas mau dibawa kemana masa depan mereka nanti. Apalagi bagi  mahasiswa yang ngekos atau jauh dari orang tua, demam nge-hedon pasti bikin kuliah berantakan. 


Oh Kawan-Kawan, maafkan temanmu yang satu ini dengan tulisan terbarunya. Maklum, dia tengah tersesat dalam sebuah kepenatan menjelang deadline final projectnya. Hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar