Selasa, 22 November 2011

Indonesia, Berbanggalah.

Gebyar-gebyar Jakabaring terdengar hingga ke Surabaya. Seluruh peliputan media melulu hanya tentang gelaran Sea Games ke 26 yang kebetulan Indonesia menjadi tuan rumahnya. SEA Games XXVI resmi dibuka pada 11 November 2011. Sebanyak 11 negara ikut ambil bagian dalam pesta olahraga se-Asia Tenggara ini. Indonesia tampil sebagai juara umum diikuti oleh Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, Myanmar, Laos, Kamboja, Timor Leste, dan Brunei Darussalam. Berbagai liputan tentang perlombaan tersebut menjadi sarapan setiap pagi, makan di siang hari, dan teman lembur tugas di malam hari. Meskipun terkesan membosankan, tapi saya menyukai euforianya.
Sea Games adalah acara yang diselenggarakan sebagai ajang perlombaan di tingkat kawasan Asean, dimana Asean ini merupakan payung dari beberapa negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Ini menjadi ajang kompetisi dan kolaborasi dari negara tadi untuk mengirimkan delegasi terbaiknya yang memiliki potensi di bidang olahraga yang mumpuni. Berbagai macam cabang olahraga diperlombakan, dan setiap negara membidik medali emas untuk dibawa pulang. 
Dibuka dengan seremoni yang megah dengan menampilkan artis-artis ibukota, Jakabaring seolah menjadi magnet yang luar biasa menarik minat pengunjung untuk sekadar melihat berbagai macam agenda perlombaan yang telah disusun. Mereka bukan hanya penduduk sekitar Jakabaring saja, banyak pengunjung yang berasal dari seantero negeri, bahkan turis luar negeri pun tertarik untuk mengunjungi arena Jakabaring Sport City ini. Penutupan yang tidak kalah luar biasa megahnya juga disuguhkan sebagai penutup sebelas hari yang panjang bagi putra-putra terbaik yang dimiliki oleh setiap negara untuk hadir meramaikan acara ini.
Berita baik malam ini, Indonesia secara resmi dinyatakan menjadi juara umum gelaran Sea Games ke 26, tahun ini. Indonesia keluar sebagai juara umum dengan koleksi 182 emas, 151 perak, dan 143 perunggu. Multi even dua tahunan ini selanjutnya akan digelar di Myanmar, 2013. Ini merupakan pertanda baik dari progres pengembangan bakat dan potensi generasi muda kita di bidang olah raga khususnya oleh komite terkait, yang semoga akan terus berlanjut dan mempertahankan prestasi Indonesia di 2013 mendatang. Oke Indonesia, malam ini, berbahagialah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar